Wednesday, 23 November 2016

Hal Yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Hal Yang Harus Dihindari Setelah Olahraga.- Sering berolahraga ? Hindari lima hal ini setelah berolahraga.

Banyak orang memilih olahraga yang mudah dan cepat dilakukan setelah seharian beraktivitas demi menjaga tubuh tetap bugar. Sayangnya, tak sedikit orang yang rutin olahraga tetap memiliki berat badan berlebih atau pun sering sakit-sakitan.

Apa yang Anda lakukan setelah olahraga memiliki dampak besar pada tubuh. Bagaimana tubuh merespon kegiatan yang Anda lakukan setelah olahraga membawa Anda pada dampak baik atau buruk dari kegiatan olah tubuh itu.

Menurut pelatih olahraga Julius Jamison dari New York Health and Racquet Club, mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga waktu istirahat setelah olahraga, semuanya berdampak pada cara tubuh Anda memperbaiki diri dan juga tumbuh.

Ada lima kesalahan setelah olahraga yang biasa dilakukan, mungkin termasuk sering Anda lakukan seperti berikut, dilansir dari laman Rodalewellness, Rabu (23/11/2016)

1. Lupa minum air
 
Lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika tengah sibuk angkat beban seringkali terjadi. Padahal, minum banyak air setelah olahraga sangat penting dilakukan. Menurut pelatih Rebecca Kennedy, Anda membutuhkan air untuk mengisi tingkat glikogen dan mengganti elektrolit, yang membantu tubuh untuk memulihkan diri seusai mengeluarkan banyak keringat saat olahraga.
 
2. Makan makanan berlemak
 
Lemak dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga hindari konsumsi makanan berlemak setelah berolahraga. Ini karena setelah olahraga Anda membutuhkan makanan yang dapat bergerak cepat memasuki aliran darah dan sel-sel. Sehingga, tubuh dapat mengembalikan energi dengan cepat. Perbanyak asupan protein berkualitas dan karbohidrat untuk memberi makan otot-otot Anda.
 
3. Duduk terlalu lama setelah olahraga
 
Hindari duduk terlalu lama setelah olahraga di pagi hari. Mungkin Anda tidak bisa banyak bergerak saat pekerjaan di kantor menumpuk. Tapi, sangat penting untuk tubuh mendapatkan pemulihan di samping melakukan peregangan. Ini dapat merangsang aliran darah, menghilangkan rasa sakit, memperkuat postur tubuh yang baik dan lainnya.
 
4. Kurang tidur
 
Tubuh butuh memulihkan dan membangun kembali segala hal dalam sistemnya saat tidur. Sehingga, tidur sangat penting untuk membantu pemulihan selepas berolahraga dan beraktivitas seharian. Anda pun akan menuai hasil dari olahraga yang dilakukan jika cukup tidur.
 
5. Tidak melakukan peregangan
 
Keterbatasan waktu terkadang membuat Anda lupa untuk melakukan peregangan setelah olahraga selama sekitar satu jam. Melakukan peregangan setidaknya 10 detik sangat penting karena dapat menyebabkan keterbatasan Anda dalam bergerak yang bisa membuat tubuh lebih rentan untuk cedera.


Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda semua.

Terimakasih atas kunjungannya :)

No comments:

Post a Comment